News Anne Yuniarti: Perempuan Harus Diberikan Ruang untuk Berwirausaha  

Anne Yuniarti: Perempuan Harus Diberikan Ruang untuk Berwirausaha  

Sisiusaha (28/3)

Anne Yuniarti, Calon Legislatif Kota Tasikmalaya Dapil 1 dari Partai Nasdem, menginginkan perempuan di Kota Tasikmalaya bisa berwirausaha secara mandiri. “Perempuan zaman sekarang harus diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi usaha.” Ucap Anne.

Kesempatan ini harus dibuka seluas-luasnya oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya, seperti bantuan modal, penyuluhan, dan fasilitas-fasilitas ibu di ruang terbuka. Perempuan diharapkan dapat aktif dalam membantu perekonomian keluarganya, untuk kemudian derajat perempuan akan terangkat.

Menurut Anne, kebanyakan perempuan ini mempunyai keinginan untuk berwiraswasta, tetapi banyak kendalanya, apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki anak. “Perempuan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, jika ingin aktif berwirausaha, harus mampu meyakinkan suaminya untuk bisa membagi waktu antara urusan bisnis dan rumah tangga,” jelas Anne. Selain itu, Anne juga menekankan, perempuan di dalam rumah harus tetap menjadi makmum dari suaminya.

Memang hal tersebut merupakan kendala bagi perempuan. Namun, Anne yakin, jika dibuatkan regulasi yang tepat dan bersifat pro perempuan, kendala itu dapat diatasi. Dari pihak perempuan pun harusnya berani untuk mencoba mencari tahu dan mengembangkan bidang bisnis apa yang mereka kuasai.

Meski demikian, Anne menekankan, pandangan ini bukan untuk meraih dominasi atas laki-laki, tetapi untuk menyetarakan hak-hak perempuan dalam fungsinya bersosial-masyarakat. “Mungkin butuh waktu agak lama untuk sampai ke tahap itu, tetapi kalau tidak dimulai sekarang, maka Tasikmalaya akan ketinggalan dengan kota-kota lain.

Untuk mencapai hal tersebut, perempuan juga harus mempunyai perwakilan di dewan legislatif, baik itu DPRD Tingkat 1, DPRD Tingkat 2, dan DPR RI. “Karena yang mengerti kebutuhan perempuan itu ya harus perempuan juga. Kami punya sudut pandang tertentu yang tidak dimiliki laki-laki. Dan kami lebih menjiwai perspektif tersebut” Jelas Anne.

Jika terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Anne mempunya tiga fokus utama untuk mewujudkan visi-visi di atas, yakni kelompok usaha perempuan, warung konvensional, dan prasarana pendukung kerja untuk perempuan.

Dari ketiganya, Anne akan lebih dulu fokus ke pembuatan warung konvensional karena usaha tersebut bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah. Dengan demikian, perempuan yang menjalankan usaha warung konvensional dapat sekaligus menjaga atau mengurus rumah tangga. Anne menyatakan, permodalan juga menjadi faktor penting. “Tentunya nanti permodalan akan saya perjuangkan jika terpilih,” pungkas Anne. (WeBe)            

Rekomendasi

Baca Juga