News Toss, Aplikasi Fintech Unicorn Pertama di Korea Selatan

Toss, Aplikasi Fintech Unicorn Pertama di Korea Selatan

Sisiusaha (10/12)

Korea Selatan kembali menghasilkan start-up unicorn dari aplikasi pembayaran online bernama Toss. Aplikasi tersebut mengumumkan nilai valuasinya yang mencapai 1,2 milyar US Dollar. Menurut TechCrunch, Toss merupakan perusahaan start-up ketiga dari Korea Selatan yang menjadi unicorn dan yang pertama di bidang fintech.

Perusahaan Toss didukung oleh firma dari Amerika Serikat, yakni Kleiner Perkins dan Ribbit Capital. Serta ada beberapa pihak yang berinvestasi dari Altos Ventures, Bessemer Ventures Partners, Goodwater Capital, Qualcomm Ventures, KTB Network, Novel, dan aplikasi pembayaran raksasa, PayPal.

Toss didirikan sejak tahun 2013 oleh mantan dokter gigi, Seung-gun Lee, yang merasa frustasi dengan cara pembayaran online di Korea Selatan. Meski fakta bahwa Korea Selatan adalah penghasil ponsel cerdas terbesar di Dunia serta masyarakatnya merupakan pengguna terbesar kartu kredit, tetapi proses pembayaran online masih disulitkan dengan berbagai syarat dan langkah.

“Sebelum ada Toss, pembayaran online di Korea Selatan membutuhkan lima password berbeda dan harus melakukan 37 klik hanya untuk mentransfer uang sejumlah 10 US Dollar (sekitar Rp 145.000),” terang Lee.

Ia menambahkan, melalui Toss, seorang pengguna hanya membutuhkan satu password dan tiga langkah untuk melakukan pembayaran online sebesar 430 US Dollar atau sekitar Rp 6.200.000.

Melalui situsnya, Toss, per November 2018, sudah diunduh sebanyak 21 juta kali. Selain itu, ada sebanyak 27 trilyun Korean Won uang yang sudah berpindah antar pengguna. Toss juga dinobatkan sebagai “app of the year” pada tahun 2016 oleh Google Play Store dan menduduki peringkat 35 dari 100 perusahaan fintech global di Dunia pada tahun 2017. (WeBe)

 

Sumber: TechCrunch & Toss.im

Foto: TechCrunch

Rekomendasi

Baca Juga