News Dubes Xiao Usulkan Peningkatan Kerjasama Tiongkok dengan Jawa Barat

Dubes Xiao Usulkan Peningkatan Kerjasama Tiongkok dengan Jawa Barat

Sisiusaha (7/12)

Duta Besar (Dubes) Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, mengusulkan beberapa hal kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terkait peningkatan kerjasama antara Tiongkok dengan Jawa Barat. Dalam usulan tersebut, Xiao menekankan tiga hal.

Pertama adalah peningkatan pertukaran informasi dan komunikasi antara Tiongkok dan Jawa Barat. “Kami (Tiongkok –red) banyak program kerjasama di Jawa Barat dan ada yang sudah jadi,” jelas Xiao.

Berikutnya adalah untuk mendorong kerjasama transportasi seperti kereta cepat Bandung-Jakarta. Program itu digadang-gadang bisa mendorong pembentukan pusat pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang jalur kereta cepat, dan secara otomatis mendorong perekonomian Jawa Barat.

Dan yang ketiga yaitu meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata. Menurut Xiao, Jawa Barat memiliki keindahan alam dan hal ini merupakan potensi besar untuk jadi bahan kerjasama Tiongkok dengan Jawa Barat.

Pada hari ini, memang ada pertemuan antara Dubes Tiongkok Xiao Qian dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Dubes Xiao menyatakan, kerjasama Tiongkok dan Indonesia yang paling menonjol berada di Jawa Barat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, pihaknya akan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, serta membangun 27 destinasi wisata baru di seluruh Jawa Barat.

“Kami akan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan membuat 27 destinasi wisata baru. Karena kami ingin menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata di Indonesia,” pungkas Ridwan.

Program ini, kata Ridwan, akan berjalan linier dengan program “satu desa satu perusahaan” yang nantinya mengurangi jumlah migrasi masyarakat desa ke kota. Ia melanjutkan, meski pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat tumbuh di angka 5,2 %, tetapi masih ada masalah ketimpangan sosial. (WeBe)

 

Sumber: Antara

Foto: Tempo.co

 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pesantren Harus Bisa Mandiri Tanpa Donasi Orang Tua Santri

Rekomendasi

Baca Juga