News Ridwan Kamil: Pesantren Harus Bisa Mandiri Tanpa Donasi Orang Tua Santri

Ridwan Kamil: Pesantren Harus Bisa Mandiri Tanpa Donasi Orang Tua Santri

Sisiusaha (7/12)

Pesantren yang ada di Jawa Barat harus bisa mandiri tanpa donasi dari orang tua santri. Menurut Ridwan Kamil, dengan adanya produk usaha di tiap pesantren, mereka bisa bergerak secara mandiri. Hal ini sesuai dengan program keumatan yang dicanangkan Ridwan Kamil – Uu Rizhanul Ulum.

Visi tersebut akan terealisasi jika program “satu pesantren satu produk usaha” dapat dijalankan dengan baik. Program ini akan dilakukan di 600 pesantren dari total 9000 pesantren yang ada di Provinsi Jawa Barat.

“Ini seiring dengan program “satu desa satu perusahaan”. Tapi, ini program keumatan, jadi dibuat satu pesantren satu produk usaha. Intinya sama, lingkungan keumatan, islam khususnya, bisa berdaya tanpa mengandalkan donasi dari orang tua siswa atau dari pemerintah,” Jelas Ridwan, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Program satu pesantren satu produk merupakan satu dari sekian banyak program 100 hari Ridwan Kamil – Uu Rizhanul Ulum. Rencananya program tersebut akan diluncurkan pekan mendatang di kawasan Ciwidey, Bandung.

Sebelumnya, untuk mematangkan program tersebut, Ridwan Kamil sudah mengadakan rapat koordinasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah Provinsi Jawa Barat serta  OPD terkait di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. (WeBe)  

 

Sumber: Antara

Foto: Jurnalislam.com

 

Baca Juga: Dubes Xiao Usulkan Peningkatan Kerjasama Tiongkok dengan Jawa Barat

Rekomendasi

Baca Juga